Ini dia sejarah sepeda motor yang harus kalian ketahui !

Sepeda motor pertama dibuat oleh mekanik Jerman Gottlieb Daimler pada tahun 1885 ketika ia memasang mesin dengan pembakaran penuh pada sepeda kayu yang ia rancang sendiri.
Sepeda memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan (seperti roda di sepeda anak-anak).

Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika ia mencicipi kreasi ayahnya pada 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.

Beberapa model sepeda motor diperkenalkan di Jerman, Prancis, dan Inggris dengan fokus pada pengembangan kepraktisan sebagai alat transportasi.

Pada tahun 1903, Arthur Davidson dan saudara lelakinya Walter dan tetangganya William Harley membuat sepeda motor Harley-Davidson pertama.
Setahun kemudian mereka mulai membuat sepeda motor untuk dijual. Pada tahun 1909, Harley-Davidson memperkenalkan mesin V-Twin pertama, yang memiliki dua silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”.
Mesin memiliki suara gemuruh yang hebat dan terlihat laki-laki, segera menjadi mesin klasik Amerika.

Selama 1914, bentuk dasar sepeda motor modern mulai terbentuk.
Bentuk ini termasuk menempatkan mesin antara roda depan dan belakang dan rantai untuk mentransmisikan daya mesin ke roda belakang.

Selama Perang Dunia Pertama (1914-1918), sepeda motor terbukti menjadi sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, yang mampu mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh di depan garis pertempuran.
Setelah perang, penggunaan sepeda motor meluas ke Eropa dan Amerika.

Sampai tahun 1950-an, sebagian besar sepeda motor di Amerika Utara diproduksi oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton dan Triumph.

Pada 60-an dan 70-an, perusahaan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepeda motor dengan pengembangan mesin dan suspensi dan mampu bersaing dengan produsen sepeda motor yang sudah ada. Nantinya, motor dengan mesin 4 hingga 750 cc sebanyak 4 kali dan produksi tinggi akan mendominasi pasar sepeda motor jalan, sedangkan mesin 2 langkah dengan 250 hingga 500 cc akan mendominasi pasar sepeda motor off-road.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *